Jasa Poles Marmer Poles Granit Poles Teraso Poles Semen Acian

Tips Merawat Lantai Kayu Dengan Mudah Dan Tepat

Tips Merawat Lantai Kayu Dengan Mudah Dan Tepat

 

Bahwa akhir-akhir ini semakin banyak orang yang menggunakan kayu untuk diaplikasikan pada lantai di rumah mereka. Apalagi kini hadir lantai parket yaitu lapisan panel kayu yang dapat dipasang diatas lantai rumah sehingga memudahkan Anda yang ingin dengan cepat mengganti lantai rumah Anda dengan lantai kayu. Hadirnya ornamen kayu pada rumah Anda tentu akan menghadirkan suasana alam ke dalam rumah sehingga akan terasa sejuk dan nyaman untuk dihuni.

Namun kenyamanan tersebut juga harus diimbangi dengan perawatan lantai kayu yang rentan rusak, baik karena cuaca, rayap, maupun karena perawatan yang tidak tepat. Dapat dikatakan perawatan lantai kayu memang sedikit istimewa, hal tersebut tak hanya untuk membuat lantai kayu tetap bersih namun juga mencegah lantai kayu rusak dan berderit saat diinjak. Oleh karena itu segera simak, tips merawat lantai kayu dengan mudah berikut ini!

TIPS MERAWAT LANTAI KAYU

Daerah yang sangat sering dilalui namun hanya mendapatkan perawatan seadanya dapat membuat lantai kayu menjadi kusam. Anda dapat menggunakan karpet untuk melapisi lantai kayu di area tersebut untuk melindunginya dari kerusakan dini. Pilihlah bahan karpet yang tidak licin. Bahan karpet yang licin akan membuatnya mudah bergeser dari tempatnya sehingga terlihat tidak rapi. Selain itu, bahan karpet yang licin dapat beresiko membuat orang yang lewat diatasnya menjadi jatuh terpeleset.

Tips Merawat Lantai Kayu Dengan Mudah Dan Tepat

Sebaiknya hindari menggunakan alas kaki yang dapat merusak lantai kayu, misalnya berjalan menggunakan sepatu boots ataupun menggunakan sepatu berhak tinggi. Menggunakan alas kaki dengan jenis seperti itu dapat membuat lantai kayu tergores ataupun rusak secara permanen.

Jika ingin memindahkan barang atau furniture diatas lantai kayu, hindari menggesernya dengan cara menarik atau mendorongnya. Biasakan untuk mengangkatnya saat Anda memindahkan barang diatas lantai kayu untuk mencegah kerusakan dan goresan permanen. Jika barang memang harus digeser, Anda dapat mengalasinya dengan karpet atau bahan karet agar lantai kayu tetap aman.

Lindungi lantai kayu Anda dari sinar matahari. Sinar matahari dapat menyebabkan minyak alami pada kayu menguap dan membuat lantai kayu lama-kelamaan menjadi rusak. Sinar matahari juga dapat membuat warna dari lantai kayu menjadi pudar. Salah satu cara pencegahannya ialah dengan memasang gorden atau tirai untuk menghalangi sinar matahari langsung mengenai lantai kayu. Anda juga dapat mengakalinya dengan sering-sering menukar posisi dan letak perabotan diatas lantai kayu untuk menghidari perbedaan perubahan warna yang mencolok.

Jika lantai kayu terkena tumpahan minuman atau makanan, sebaiknya Anda segera membersihkannya dengan kain lap kering yang dari bahan karun lembut ataupun dapat juga menggunakan kanebo agar cairan mudah terserap. Bekerjalah dengan cepat sebelum cairan dari kotoran tersebut meresap dan kering. Cairan yang meresap pada kayu dapat membuat lantai kayu menjadi lekas keropos, sedangkan cairan yang mengering dapat menyebabkan noda flek yang sulit dihilangkan.

Anda dapat membersihkan lantai kayu biasa dengan menyapunya secara rutin, mengepelnya, dan segera mengeringkannya. Gunakan cairan pembersih lantai kayu dengan kualitas yang baik dengan pH seimbang. Untuk lantai kayu parket, dapat dibersihkan dengan menyapunya atau menggunakan penghisap debu. Hindari menggunakan air. Baca lebih detil di artikel Cara Membersihkan Lantai Kayu. Hindari menggunakan benda tajam saat membersihkan lantai kayu.

Untuk noda membandel pada lantai kayu biasa ataupun pada lantai kayu parket, Anda dapat menggunakan cairan pembersih lantai kayu berkualitas baik ataupun menggunakan air perasan lemon untuk membersihkannya. Anda juga dapat menggunakan white vinegar sebagai alternatif.

Tips Merawat Lantai Kayu Dengan Mudah Dan TepatBagi Anda yang menggunakan lantai kayu alami, yaitu tanpa pernis ataupun lapisan lilin, Anda dapat menghapus goresan pada permukaan lantai kayu dengan cara menggunakan penghapus pensil untuk menggosok permukaan yang tergores. Untuk lantai kayu tanpa lapisan, Anda dapat menggunakan cairan perasan air lemon atau minyak lemok guna mengeluarkan kilap serta warna alami dari kayu pada lantai Anda. Caranya cukup oleskan minyak lemon dengan lap bersih lalu segera keringkan.

Agar lantai kayu parket terhindar dari rayap, Anda dapat menggunakan lapisan anti rayap. Selain itu, sebagai alternatif, Anda juga dapat menyuntikkan cairan anti rayap di sela-sela kepingan kayu. Pastikan Anda menggunakan produk-produk yang memiliki mutu terbaik. Untuk pemasangan awal, sebaiknya pilih kepingan kayu parket yang sudah disuntik dengan cairan kimia antirayap.

Perhatikan setiap noda atau kerusakan yang ada pada lantai kayu di rumah Anda, misalnya lantai kayu derderik, lantai kayu mulai bengkok, lantai kayu keropos atau berlubang ataupun kerusakan yang lain. Jika kerusakan tersebut sudah terlalu parah dan tidak dapat diperbaiki lagi, mungkin Anda dapat segera merencanakan mengganti bagian yang rusak dengan memanggil tenaga profesional agar rumah Anda tetap enak dipandang dan nyaman untuk ditinggali. Begitu juga ketika lantai kayu kelihatan sudah mulai kusam. Anda dapat mulai merencanakan untuk memanggil jasa profesional guna melakukan waxing dan buffing pada lantai kayu Anda.

Untuk perawatan lantai kayu parket, Anda sebaiknya melakukan waxing (penyemiran ulang) setiap satu bulan sekali. Sedangkan untuk perawatan tahunan, Anda dapat melakukan coating ulang. Waxing tepat dipilih untuk memperbaiki kilauan lantai kayu.

 

Itulah artikel tentang Tips Merawat Lantai Kayu Dengan Mudah Dan Tepat semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Terima Kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *