Jasa Poles Marmer Poles Granit Poles Teraso Poles Semen Acian

Cara Mengilapkan Lantai Kayu

Cara Mengilapkan Lantai Kayu

Sebagian besar para ahli menyarankan untuk membersihkan lantai setiap seminggu sekali dan mengilapkannya setiap dua hingga empat bulan sekali untuk melindunginya. Mengilapkan kayu akan mengurangi goresan dan melindungi finishing halus atau kasar dari kerusakan di masa yang akan datang dan pembersihan yang berlebihan. Pengilapan lantai kayu merupakan perawatan terbaik untuk lantai yang memiliki finishing poliuretan. Namun, lantai yang diminyaki atau pernis lebih cocok untuk diampelas dan digosok. Dibawah ini akan Dijelaskan tentang Cara Mengilapkan Lantai Kayu

Bagian 1 dari 2: Membersihkan Lantai Kayu

  1. Pindahkan furnitur sebanyak mungkin. Jika Anda membersihkan lantai seorang diri, letakkan alas di bawah kaki furnitur dan dorong furnitur ke luar ruangan.
  2. Gunakan alat penyedot debu pada lantai kayu untuk mengangkat semua debu dan serpihan sebelum Anda membersihkannya. Pastikan alat penyedot debu Anda dalam kondisi yang baik, tanpa bagian plastik yang kasar di bagian bawah atau ujungnya. Penyedot debu dengan roda yang rusak dapat menggores lantai, jadi bersihkanlah debu dengan sapu jika penyedot debu Anda tidak dalam kondisi yang baik.
  3. Dapatkan keterangan mengenai lantai kayu Anda jika Anda tidak tahu jenis kayu dan finishing apa yang digunakan. Lantai poliuretan memiliki finishing yang kasar dan dapat dibersihkan dengan sedikit air, sedangkan lantai lak atau pernis tidak dapat terkena air dan perlu untuk digosok secara teratur.[1]
  4. Bersihkan lantai poliuretan dengan kain pel. Campurkan beberapa tetes cairan pencuci piring dengan air. Peras kain pel dengan baik kemudian gunakan untuk membersihkan lantai.

    • Gunakan gerakan halus. Mulailah dari sudut dalam ruangan ke arah pintu ke luar, sehingga Anda tidak akan menginjak lantai yang basah.
    • Seka air yang berlebih jika Anda melihat genangan air. Hal tersebut dapat menyebabkan lantai Anda menjadi rusak dan melengkung.
  5. Gosok lantai dengan kain mikrofiber menggunakan tangan Anda. Gunakan gerakan berputar hingga lantai terlihat bersinar. Sekarang lantai siap untuk dikilapkan.

Image result for lantai kayu

Bagian 2 dari 2: Mengilapkan Lantai Kayu

  1. Bacalah petunjuk dengan seksama. Pastikan jika Anda menggunakan produk berbasis air atau urethane pada lantai dengan finishing poliuretan dan produk berbasis lilin untuk finishing lain. Beberapa jenis lantai perlu diampelas dan digosok lagi agar berkilap.
  2. Uji satu area dari lantai Anda dengan menggunakan produk pengilap kayu dan seka dengan menggunakan kain mikrofiber. Cobalah pada satu area di bawah sebuah furnitur yang besar atau di dalam kabinet seminggu lebih awal.
  3. Bersihkan lantai Anda dengan baik, gosok dan biarkan kering. Kilapkan dengan segera setelah Anda melakukan tahap ini dan furnitur masih dipindahkan.
  4. Semprotkan pengilap kayu pada lantai atau terapkan pada kain, sesuai dengan petunjuk kemasan. Gunakan teknik feathering untuk menyeka pengilap kayu dengan gerakan setengah putaran.
  5. Mulailah dari sudut dalam ruangan ke luar ruangan, dengan luasan area pengerjaan tiga per tiga kaki sekaligus.
  6. Biarkan lantai kering sepenuhnya sebelum membawa furnitur masuk kembali ke dalam ruangan.

Itulah artikel tentang Cara Mengilapkan Lantai Kayu semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *