Jasa Poles Marmer Poles Granit Poles Teraso Poles Semen Acian

Cara Mengerjakan Finishing Lantai Kayu

Cara Mengerjakan Finishing Lantai Kayu

Melakukan finishing—pekerjaan tahap akhir berupa penyelesaian, pelapisan, penutupan dll. agar tampak indah— pada lantai kayu merupakan pekerjaan yang menantang, namun sekaligus dapat memberikan hasil yang memuaskan. Lantai kayu yang baru yang telah di-finishing menarik perhatian (eye catching) dan merupakan cara yang bagus untuk memperbarui tampilan rumah Anda. Dengan perawatan yang tekun serta sedikit pengetahuan mengenai caranya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk memahami cara melakukan finishing pada lantai kayu.

 

Cara Mengerjakan Finishing Lantai Kayu

Langkah

  1. Siapkan area lantai kayu yang akan di-finishing. Pastikan bahwa ruangan tersebut telah bersih dari furnitur, perlengkapan jendela, dan juga hiasan dinding. Jika lantai kayu tersebut menerus hingga ke bagian lemari dinding (built in wardrobe), pastikan untuk mengosongkannya.
  2. Tutup semua perangkat lampu menggunakan plastik. Untuk lebih aman tutup dengan plester berperekat.
  3. Segel semua elemen terbuka, seperti stopkontak/outlet listrik, saklar lampu dan kipas angin, dll., menggunakan plester berperekat. Pisahkan ruang yang lantainya hendak dikerjakan dari bagian rumah lain dengan menutup pintu atau menggantung terpal plastik pada ambang pintu.

    • Mungkin Anda menjumpai bagian lantai yang memiliki celah atau alur yang perlu material pengisi. Aplikasikan dempul kayu pada bagian itu sesuai dengan instruksi pabrik. Biarkan hingga benar-benar kering sebelum melanjutkan ke tahap berikut.
      Hilangkan lis kayu menggunakan linggis. Sisipkan sepotong kayu kecil di belakang linggis untuk difungsikan sebagai tuas, dan untuk mencegah kerusakan lis kayu.
  4.  Lakukan pemvakuman pada lantai secara menyeluruh untuk menghilangkan debu serta berbagai kotoran.
  5.  Lakukan pengampelasan lantai menggunakan alat pengampelas elektrik (drum sanders).

    • Alat pengampelas elektrik (drum sanders) biasanya tersedia di perusahaan penyewaan peralatan teknik/bangunan.
  6.  Cobalah mesin dengan mengampelas bagian yang tidak terlihat jelas jika furnitur dikembalikan ke tempatnya. Langkah ini akan mengantisipasi terjadinya kesalahan yang sesungguhnya pada saat pelaksanaan.
  7.  Miringkan mesin ke belakang saat Anda mulai mengoperasikannya. Lalu dengan lembut rendahkan mesin hingga menyentuh lantai segera sesudah mesin berputar.

    • Mulailah mengampelas dengan tingkat kehalusan ampelas (grit) 20 hingga 60. Akhiri proses pengampelasan dengan tingkat kehalusan ampelas 120.
  8.  Mulailah pengampelasan dari bagian tengah lantai dan operasikan mesin mengarah ke bagian tepi. Bergeraklah mengikuti urat kayu dan tumpang tindih lebih dari satu inci (±2,54cm) atau 2 inci (±5,08cm).
  9.  Gunakan ampelas manual untuk menyelesaikan area di sekitar bagian tepi yang mungkin tidak terjangkau oleh mesin pengampelas.
  10.  Bersihkan lantai secara menyeluruh sebelum melakukan putaran pengampelasan berikutnya.
  11.  Ulangi seluruh proses sebanyak diperlukan. Gerakkan mesin menyeluruh dengan tingkat kehalusan ampelas yang semakin meningkat.
  12.  Lakukan pemvakuman lantai sekali lagi kemudian bersihkan menggunakan kain lembut yang kering.
  13.  Aplikasikan pelapis dasar (sealer) pada lantai kayu sebelum proses pewarnaan. Cara ini akan mencegah terjadinya penutupan warna yang tidak merata.
  14.  Lakukan pewarnaan lantai. Tuangkan pewarna lantai kayu (wood stain)—sebanyak yang akan Anda perlukan—ke dalam ember dan aduk secara merata. Cara tersebut akan membantu memastikan ketertutupan yang merata.
  15.  Aplikasikan sedikit pewarna pada area kecil untuk mengetesnya. Warna dapat bervariasi sebagaimana ditampilkan di toko.
  16. Lakukan pewarnaan lantai dengan cukup banyak menggunakan kuas, kain atau rol. Setelah 10-15 menit, gunakan kain kering untuk menghapus kelebihan pewarna.

    • Pastikan untuk terus-menerus mengaduk pewarna selama Anda mengaplikasikannya.

     

Itulah artikel tentang Cara Mengerjakan Finishing Lantai Kayu semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *